Paspport Renewed in Spring Summer! 🌸


Its take long time after busy with couple months and just coming here to writing some story in my website travel. And Hello everyone, traveler and all people can read my blog is here. Sending lots of love and summer waves to you all.

First story, aku mau cerita tentang bagaimana mendrama-nya memperpanjang passport yang beberapa bulan kedepan akan expired. And now, beberapa blog yang aku sudah baca dan menceritakan "kisah mereka", just read it. But now I feel that moments tho. Gosh!

Mulai dari yang aku baca bahwa memperpanjang paspor itu masi bisa dilakukan dengan walk-in dan ketika aku sampai di kantor Imigrasi Jakarta Selatan bilang sudah tidak memberlakukan walk-in hanya antri melalui pengambilan antrian online (disitu saya kadang merasa ketinggalan informasi) atau Kebijakan dan Persyaratan pembuatan paspor memang telah berubah 100%. Kezzeell banget pas disampaikan begitu, pasalnya sudah siap siap jam 6 pagi dan berangkat jam 7 teng sampai sana jam 8 pagi lewat dan ternyata ditolak. Hikz...

Setelah dijelaskan pihak Imigrasi Jaksel seperti itu, buru-burulah aku cari jadwal antrian online dan saat itu (diaplikasi) tersedia senin depan baru ada jadwal .. whaattt??? dalam hati nunggu seminggu lagi dong! Tidak mau nyerah, sampai akhirnya aku cari-cari dan dapetnya Imigrasi Jakarta Timur dengan jadwal Kamis (berarti tiga hari kedepan) dan itu yang paling tercepat. Then, booking dan akan menunggu sampai kamis mendatang. Tidak sampai disitu, aku coba search by Google dan melihat adanya Mal Pelayanan Publik (dalam hati, kali aja bisa dapat gitu tanpa menunggu kamis) dan setelah naik ojek (mana siang terik matahari menyengat jam 10 pagi) maklum klo ngadem pesen Taxi layanan online bakalan lama dan pasti dapet macet didaerah mampang. Sesampai disana, tereeengg,, ternyata memang sama ajaaahhh..

rasanya tuh Senin sia-sia banget deh. tepok jidat beberapa kaliiihhh... Ini yang guenya gak update banget kah ampe gak percaya gitu!!!

Theeeenn, sampailah Kamis tiba... dengan mantap diperjalanan berdoa semoga tidak ada "penolakan" lagi hari ini. Capek euuyy..

Sesampainya disana, dengan pedenya aku antri cepet cepet dibelakang orang yang juga sepertinya sudah antri sedari tadi. Terlihat dari kejauhan, dimeja itu ada dua pegawai Imigrasi yang memeriksa dokumen mereka satu persatu. Sampai tiba giliranku dan bapaknya sedikit teriak, "selanjutnya.."

Dokumen diperiksa, dan bapaknya ngomong gini, "sudah ambil formulir dan isi formulir pendaftaran..?" dan dengan bingung aku bilang, "belum...pak." Bapak itu langsung mengarahkan ke customer service yang aku lewatin tuk mengantri dari awal untuk mengambil formulir dulu baru ikut antri... Terus bapaknya ngomong gini, "isi dulu mba baru antri lagi kesini." Fakkkkk... (dalam hati)

Akhirnya aku ke customer service lagi tuk mengambil formulir dan mengecek beberapa kelengkapan dokumen yang aku uda siapin kalau kalau resi KTP dan Pasporku lamaku tidak diterima karena perbedaan data (antara nama panjang diktp dan akta lahir). Setelah isi semua yang disuruhkan dan melengkapi dengan materai yang harus ditanda-tangani. Mbak Customer Servicenya ngomong gini, "Mbak sudah diisi semua?, Nah. Mba Adis bisa langsung keatas kelantai 2 ketemu yg namanya ibu Esti, dan tolong dokumennya diperlihatkan semua yah.." dan sesegara aku bilang.."oh okay". (dalam hati ada yang gak beres nih)

Naiklah aku dilantai dua dan mengisi formulir daftar tamu. Disana ada beberapa orang juga sedang menunggu ibu Esti (dari buku tamu yang sudah aku isi). Setelah itu, aku duduk diruang tunggu sambail memegang semua dokumenku berharap tidak ada apa-apa dan akan baik-baik saja. Salah satu wanita dipanggil namanya dan langsung mendekati meja yang namanya ibu Esti ini namun ibu Esti tidak berada ditempat (entahlah yang namanya Ibu Esti yang mana sih kata aku dalam hati). Namun salah satu pegawai yang berada dalam ruangan yang sama dimana mejanya berdampingan dengan Ibu Esti ini dan tempat dimana kita mengisi buku tamu tadi. Ibu itu mulai menjelaskan kepada wanita yang sepertinya memiliki cerita yang sama kaya aku (dalam hati bergumam, wahhh.. bakal panjang nih urusan. Ini mah bukan tempat antrian mau foto untuk pengurusan ataupun memperpanjang paspor) Ini mah tempat pelaporan kejadian dimana data tidak sinkron alias tidak sesuai, paspor hilang dan sebagainya.

Sampailah nama aku dipanggil, dan duduk dimeja ibu itu dan menjelaskan bahwa customer service dibawah bilang aku disuruh nemui Ibu Esti dulu (dan masih bingung). Ibu itupun menjelaskan (entah lupa namanya) "Oh iya neng.. "ini nama kamu di KTP yang sekarang berbeda dengan paspor lama kamu. Jadi harus penyesuaian data atau minta surat keterangan kelurahan dimana kamu tercatat dikelurahan sesuai Kartu Keluarga." (Whaattt...Makassar dong kataku) Ia pun menjawab, "Betul... Jadi kalau gak bisa pulang ke Makassar dan ingin buru-buru mending salah satu sanak keluarga di Makassar bisa mengirimkan surat keterangan kelurahan yang ada disana." Alamaakk... bener-bener mendramalah ini paspor kataku. Dan Ibu itu mengatakan pilih pengiriman sehari sampai jadi dokumen bisa diproses dihari senin depan atau selasa paling lama." Dengan senyum pasrah ke ibu itu dan mangatakan, "Jadi saya ditolak nih bu.." kata dia "Bukan ditolak sayang.. ambil aja dulu surat keterangan itu aja kok, nanti gak perlu lagi antri dibawah setelah surat itu sudah ditangan." -__-" (sama aja ditolak kata aku mah.")

Akhirnya aku menghubungi orang tua di Makassar dan menjelaskan permasalahannya. Hari itu bener bener hectic buat diriku yang mengalami penolakan dua kaliiihhh dan tak ingin ditolak ketiga kalinyaaa.. Setelah panjang lebar ngobrol ditelepon dengan ibuku diMakassar. Aku kefikiran untuk mengambil "jalan pintas" dan memilih Jasa Layanan Paspor sajalah kata aku ditelepon dengan orang tua. Pasalnya surat itu dia mesti ambil dulu surat pengantar di Pak RT, terus di forward ke kantor Kelurahan. Sedangkan hari itu sudah hati kamis sudah menjelang sore. Ibuku bilang mungkin baru bisa diambil Jumat besok. Setelah aku fikir-fikir kalau Jumat baru bisa diambil itu surat, berarti orang rumah baru bisa kirim Jumat sore. Wah bakalan sampai senin tuh surat kataku. Untung kalau pengiriman sampai rumah pagi dan rasanya gak mungkin, biasanya pengiriman yang berlabelkan sehari sampai (maaf rada gak percaya gitu sering di PHP-in sama jasa pengiriman barang bilangnya sehari) jadi aku baru bisa balik ke Imigrasi Selasa dong kalau gak ada kendala lagi. Setelah itu akan diproses dalam jangka waktu 4-5 hari belum termasuk hari libur apalagi aku mau perpanjang e-paspor. Hhmmm berfikir keras kakaknyaaa....

Setelah sampai rumah dan memikirkan apa yang harus aku lakukan selanjutnya. Aku menghubungi Jasa Layanan Paspor tersebut yang aku googling dan ketemu dua website yang menurut aku review-nya oke. Aku menghubungi kandidat pertama. Dan ia mengatakan melayani pembuatan paspor kilat sehari dua hari jadi bahkan ada yang sehari. (wow how come) Anyway.. setelah mengobrol dengan bapak itu, ternyata dia hanya melayani paspor biasa bukan e-paspor (matiklah kata aku.. kalau mesti bayar mahal tapi dapetnya paspor biasa juga. Gak worth it aku rasa.) Setelah percakapan selesai, aku menghubungi kandidat terakhir dan menjelaskan permasalahan sedikir perbedaan nama di KTP dan Nama yang tertera di paspor lama. Dan iapun mengatakan, "Oh bisa-bisa. kita bisa atur kalau permasalahan itu dengan entengnya dia jawab." Wah ininih yang aku cari kataku dan bisa membantu pembuatan e paspor dengan estimasi satu sampai dua hari. Dengan persyaratan down payment dulu sebagai tanda jadi dan mengirimkan dokumen yang diperlukan. Hari itu jadinya kami sepakat dengan harga yang sudah diberikan (walau nominalnya memang jauh dengan pembuatan e paspor pada umumnya) tapi asalkan dokumenku tidak mengalami penolakan ketiga kalinya and no more drama pleaseeee (hidupku sudah penuh dengan drama).


Ke-esokan harinya (hari Jumat) datanglah aku jam 2 siang dikantor Imigrasi Pusat yang dikemayoran dan membawa dokumen asli. ketemulah Agent Pasporku yeekaann dan mengobrol sedikit tentang paspor dan rencana perjalanan keluar negeri dalam waktu dekat ini. Tidak lama, nama dipanggil dan duduk dilantai dua sekitar 10 menit dan nomorku dipanggil dan langsung proses foto perekaman pembuatan paspor. What an easy process. Just 10 minutes lama dikarenakan jari-jari ini kulitnya jelek dan komputer lama bacanya. Masnya sih bilang bisanya orang lain foto paling lama 5 menit. -_-'  And done. What ???? easy right??? Money Talk Mbaaknyaaa.

Setelah berbincang sebentar dengan bapaknya dan memastikan kalau senin atau selasa pagi paspor itu sudah ditangan. Hhmmm That's what I want.. so, just waiting!

Tibalah Selasa pagi, Agent Federal Paspor (julukanku buat bapak itu)  menghubungi by whatsapp dan kirim gambar and say, paspport was done! Horeeeeyyy. Rasanya seneng itu bukan karena baru pertama kali bikin paspor. Tapi karena terhindar dari dari perjalanan panjang yang aku rasakan. "Adek lelah bang..."

So anyway guys, yang punya permasalahan kaya aku dan gakmau repot. Cuss deh kontak my agent yang handal itu namanya pak Cahyo (koh Cahyo bisa juga sih manggil gitu.. SKSD lah mungkin akan dikasih diskon hehe) tetep yaah mbak ini pemburu diskooooonn. Just visit his website in www.amanahcahaya.com segala permasalahan paspor serahin sama doi (sip).

So, Times to ready to go and pack my bag to traveling in this month ;)

See you in another dramaaaa.. eh another story dong agh!

Last word, "Thanks God, and thanks Pak Cahyo"

Happy Mayday, and welcome to the new journey.

Welcome May !

Tytadisty.


  • Traveling with Tytadisty
  • tytadistytravel
  • Email Google

 

The best way to be happy is to learn to live to be yourself.

~ tytadisty ~

On the beach, it was more than a dream. It was a place where I found myself.

~ tytadisty ~

Life is not about a game. Life is about winning the games.

~ tytadisty ~

Life has taught me to be a better person.

~ tytadisty ~

Copyright © 2017 - 2019 Tytadisty Travel